Mungkin banyak wanita tak menyadari rutinitas membersihkan rumah seperti menyapu, mengepel, dan merapikan ruangan bisa menjadi cara jitu untuk mengontrol kehidupan mereka. Bisa diartikan bersih-bersih bisa jadi terapi yang membuat badan dan pikiran fresh.

Selain menghabiskan sebagian waktu di tempat kerja, para wanita mengaku tak tahan meninggalkan rumah dalam keadaan tak rapi. Bahkan beberapa dari mereka menyebut diri mereka ‘cleanaholics’, dimana mereka tak akan tenang meninggalkan rumah dalam keadaan berantakan. Keadaan ini juga dikenal dengan istilah ‘cleaning addiction’ (kecanduan bersih-bersih).

Pernyataan tersebut didukung sebuah survei online yang dilakukan di Inggris, yang mengamati perilaku dan kebiasaan wanita pekerja yang didukung Discovery Home and Health.

Survei yang menganalisa 2 ribu wanita dengan kisaran usia 38 tahun ini menemukan bahwa tujuh dari sepuluh wanita mengaku tak bisa meninggalkan rumah dalam keadaan berantakan, atau mereka akan merasa tidak tak tenang selama beraktivitas di luar, selain juga ketakutan disebut ‘pemalas’.

Lebih dari setengahnya (58 persen) merasa depresi jika rumah mereka berantakan, sementara 59 persen mengatakan sesuatu yang tak rapi dan tidak tertata pada tempatnya sangat membuat mereka cepat merasa tertekan dan tak nyaman. Rata-rata wanita yang kecanduan bersih-bersih ini menghabiskan £9.70 setiap minggunya untuk membeli produk penyegar udara.

Sementara hanya empat persen yang mengatakan bersih-bersih rumah itu adalah pekerjaan yang sangat membuang waktu dan tenaga.

Dee Smith, executive producer channel Cleanaholics mengatakan wanita Inggris merasa lebih bahagia dan lebih bisa mengontrol dirinya jika rumah mereka bersih dan rapi. Bahkan banyak wanita merasa nyaman dan bahagia melihat rumah dan ruangan mereka tertata rapi.

Kenyataan ini membuat hari dan hidup mereka lebih bahagia. Tanpa mereka sadari bersih-bersih rumah bisa meningkatkan nilai positif diri dan lebih bisa mengontrol hidup. Jadi jika ingin selalu sehat jiwa dan raga, kenapa tak mencoba terapi bersih-bersih ini, selain ekonomis, rumah pun jadi tertata rapi.