Kalau membaca judul artikel ini, anda mungkin akan teringat pada lagu milik Sheila on Seven: “Waktu yang Tepat ‘tuk Berpisah“. Bukan! Saya tidak sedang memlesetkan judul lagu band asal Yogyakarta itu. Saya serius ingin mem-posting tulisan tentang social media, sebuah report yang mudah-mudahan bisa berguna untuk anda.

Timing alias ketepatan waktu sangat penting dalam dunia social media yang tanpa batas. Ketepatan memilih waktu dalam publikasi memengaruhi seberapa besar peluang bagi pesan anda dalam menjangkau setiap pelosok “dunia”.

Bagi perusahaan yang ingin meningkatkan product awareness atau pun personal yang ingin membangun branding, efektifitas dan efisiensi promosi tentu menjadi bagian yang sangat penting. Berpromosi pada jam-jam yang optimal adalah kuncinya.

Jadi pertanyaannya, kapan sebaiknya anda mempublikasikan pesan anda?

RadiumOne’s Po.st melakukan studi terhadap lebih dari 10 ribu pengguna social media utama (Twitter, Facebook, Pinterest dan Google+), dan mereka sampai kepada kesimpulan bahwa:

  1. Dua rentang waktu jumlah sharing “tertinggi” adalah dari jam 10 pagi sampai siang hari (sekitar jam 12 siang) dan dari jam 8 malam sampai jam 10 malam.
  2. Jika anda berharap link anda di-klik, sebaiknya jangan melakukan publikasi artikel pada jam 9 pagi sampai jam 11 pagi.
  3. Jumlah sharing dan klik cenderung konsisten antara jam 1 siang sampai jam 6 malam.
  4. Jumlah sharing dan klik terbanyak adalah pada siang hari (sekitar jam 12 siang) hingga jam 2 siang.

Penelitian tersebut juga mengungkapkan waktu paling tepat untuk melakukan sharing pada masing-masing social media sebagai berikut:

  • Twitter: Jam 1 siang
  • Facebook: Jam 5 sore
  • Pinterest: Jam 11 malam
  • Google+: Jam 10 pagi

Tentu saja ini tergantung pada zona waktu anda dan yang terpenting adalah zona waktu orang-orang dalam jaringan social media anda. Sayangnya, studi tersebut hanya melakukan ujicoba pada 4 negara, tidak termasuk Indonesia.

Perbedaan waktu terbaik untuk sharing berdasarkan regional:
  • Amerika: Jam 9 pagi (jumlah sharing tertinggi), Jam 1 siang (jumlah klik terbanyak)
  • Inggris: Jam 6 malam (jumlah sharing tertinggi), Jam 4 pagi (jumlah klik terbanyak)
  • Perancis: Jam 12 siang (jumlah sharing tertinggi), Jam 5 pagi (jumlah klik terbanyak)
  • India: Jam 12 siang (jumlah sharing tertinggi), Jam 11:30 pagi (jumlah klik terbanyak)

Bagaimana dengan Indonesia? Kelihatannya kita masih harus melakukan studi lebih jauh mengenai perilaku pengguna social media di negara kita. Bagaimanapun juga eksperimen-eksperimen seperti ini harus terus dilakukan, karena hasilnya bisa sangat beragam. Isi pesan yang di-sharing, latar belakang orang-orang dalam jaringan kita, isu-isu atau topik terkini, adalah beberapa faktor yang turut menentukan.

Melakukan eksprimen pribadi boleh jadi merupakan solusi terbaik untuk memperoleh hasil yang lebih memuaskan. Anda bisa menggunakan tools untuk analisa dan tracking yang disediakan pihak ketiga. Mudah-mudahan lain waktu saya sempat membahas tentang ini, ya. :)