Semakin cepat kita dapat mendeteksi terjadi kanker, semakin baik pula harapan kesembuhannya. Demikian pula halnya dengan kanker payudara. Karena itu, jangan segan untuk melakukan pemeriksaan sedini mungkin.

Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Karena itu, coba kenali dan pahami payudara Anda. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui bila terdapat kejanggalan pada payudara Anda sedini mungkin. Caranya mudah. Anda dapat melakukan pemeriksaan payudara sendiri (Sadari) di depan cermin. SADARI adalah moto yang harus kita ingat. SADARI adalah singkatan dari PerikSA PayuDAra SendiRI . Sadari dapat dilakukan mulai usia berapapun tapi sangat dianjurkan bila usia anda sudah lebih dari 20 tahun.

Perhatikanlah bentuk payudara Anda dari depan, sisi kiri, dan kanan, apakah ada benjolan, perubahan warna kulit, puting bersisik dan mengeluarkan cairan? Ataukah ada kejanggalan-kejanggalan lain? Untuk mendeteksinya, lakukan pemeriksaan berikut:

  1. Tahap 1: Melihat perubahan bentuk dan besarnya payudara, perubahan puting susu, serta kulit payudara di depan kaca. Sambil berdiri tegak di depan cermin, posisi kedua lengan di samping badan, selanjutnya kedua lengan di atas kepala, kemudian kedua tangan ditekan kuat di atas pinggul sementara otot dada ditegangkan.
  2. Tahap 2: Rasakan adanya perubahan dengan cara berbaring. Letakkan bantal kecil di bawah bahu kanan, lengan kanan di bawah kepala. Periksa payudara kanan dengan tangan kiri dengan meratakan jari-jari secara mendatar untuk merasakan adanya benjolan. Periksa pula lipatan lengan, batas luar payudara, dan ke seluruh payudara.
  3. Tahap 3: Perhatikan tanda-tanda perdarahan atau keluarnya cairan dari puting susu. Caranya dengan memencet puting susu dan melihat apakah ada darah atau cairan yang keluar.
  4. Tahap 4: Lakukan hal serupa pada payudara sebelah kiri. Yaitu dengan meletakkan tangan kiri di bawah kepala, lalu gunakan tangan kanan untuk memeriksa payudara sebelah kiri. Bila Anda mendapati adanya kejanggalan, segeralah periksakan diri ke dokter.

Selain Sadari, pemeriksaan payudara juga dapat dilakukan dengan cara mamografi. Tapi manfaat mammografi yang cukup mahal ini terkadang masih dipertanyakan. Seringkali pemeriksaan payudara sendiri jauh lebih cepat dalam mendeteksi adanya kanker payudara. Karena itu, lakukan SADARI, dan bila Anda mencurigai adanya kenjanggalan, segera periksakan diri ke dokter. Pada saat itu, mammografi mungkin akan dianjurkan oleh dokter Anda.

Dengan mengetahui gejalanya sedini mungkin, besar pula kemungkinan kanker payudara dapat disembuhkan.