Mama Cake, sebuah film bergenre drama-comedy, tentang persahabatan. Tidak salah jika film ini mengambil lagu “Belum Ada Judul” karya Iwan Fals sebagai sound track-nya. “Belum Ada Judul” sendiri adalah lagu lama yang dirilis pada tahun 1992 dan menjadi salah satu karya monumental Bang Iwan. Dalam soundtrack ini lagu tersebut diaransemen ulang dan dibawakan dalam kolaborasi yang apik oleh Bang Iwan dan Band Laduni.

Quoted from Cinema 21:

Dipercaya untuk mengisi soundtrack film Mama Cake lewat lagu versi barunya yang berjudul ‘Belum Ada Judul’, Iwan Fals mengaku merasa sangat tertantang dalam proses penjiwaan lagunya. Bagi Iwan, kisah dari film Mama Cake mencerminkan kehidupannya di masa lalu dan dinilai sangat relevan dengan inti pesan lagu tersebut.

Proses keterlibatan Iwan Fals di film Mama Cake tergolong cukup singkat. Sekitar satu bulan yang lalu ketika Iwan Fals diundang oleh rumah produksi Falcon Pictures untuk melihat layar lebar garapan sutradara Anggy Umbara itu, dirinya merasa pernah mengalami kejiwaan yang sama pada tahun 1991. Oleh sebab itulah Iwan tak kuasa menolak tawaran sang sutradara untuk mengisi soundtrack di film tersebut.

“Saat melihat film Mama Cake saya seakan masuk ke suasana yang akrab tapi sulit dijelaskan. Intinya film Mama Cake mengisahkan tentang persahabatan dan bagi saya itu sangat penting untuk diangkat pada saat ini. Jaman sekarang banyak orang yang sudah terimbas dengan material dunia yang menyilaukan sehingga rela mengorbankan persahabatannya, semoga saja lewat film ini kita bisa saling introspeksi. Tantangan saya dalam mengisi soundtrack film ini adalah, bagaimana caranya saya mampu mendalami penjiwaan lagu saya itu dengan aransemen yang sudah diubah,” ucap Iwan Fals, saat syuting videoklip soundtrack Mama Cake di kawasan Bulungan, Jakarta Selatan.

“Lagu Belum Ada Judul disini banyak suara mesinnya, jadi saya mendalaminya dengan cara melihat kalau alat ini mampu memudahkan kinerja manusia,” tambahnya.

Keterlibatan Iwan Fals di proses produksi film, ternyata bukanlah sesuatu yang baru. Pelantun hits ‘Bongkar’ tersebut diketahui pernah terlibat di film Damai Kami Sepanjang Hari (1985), Kekasih-The Lovers (2008) dengan lagu ‘Aku Milikmu’ dan Batas (2011) lewat single ‘Batas Tak Berbatas’.

“Saya cuma 1 lagu di film ini, aslinya hanya gitar dan harmonika serta dirubah menjadi kekinian oleh Anggy. Mungkin ini rejekinya Belum Ada Judul aja. Saya memang agak susah untuk memberi judul tentang lagu mengenai persahabatan, jadi biar alam aja yang kasih judul,” pungkasnya.

Sinopsis Film Mama Cake

Little Big Bite for a bigger soul!

Sebuah film drama comedy pop urban tentang perjalanan sehari semalam dari tiga orang sahabat, Rakha (Ananda Omesh), Willy (Boy William) dan Rio (Arie Dagienkz) dalam membeli sebungkus brownies MAMA CAKE, permintaan seorang nenek yang sedang sakit keras.

Mengambil tempat di dua kota: Jakarta dan Bandung, di mana pada kedua kota besar inilah terjadi invasi besar-besaran akan arus budaya dan pemikiran Barat yang telah jauh mengikis bangsa Indonesia dari nilai-nilai agama dan budaya ketimuran yang konon melekat erat di sana.

Perbedaan karakter, pemikiran dan gaya hidup yang sangat jelas dari ketiga sahabat itu pun membawa konflik dan mengangkat isu-isu tajam seputar agama dan sosial. Hingga akhirnya mereka dihadapkan pada persimpangan di mana persahabatan, cinta, takdir dan tujuan hidup menjadi pilihan yang nyata dalam hidup mereka.

Secara keseluruhan, film yang dijadwalkan rilis di bioskop pada tanggal 13 September 2012, berisi satu paket cerita dari persahabatan, cinta, kehidupan, hingga unsur religi.

  • Jenis Film : Drama/comedy
  • Produser : HB Naveen, Frederica
  • Produksi : FALCON PICTURES
  • Sutradara : Anggy Umbara
  • Casts: Ananda Omesh, Boy William, Arie Dagienkz, Fajar Umbara, Dinda Kanya Dewi, Renatha Kusmanto, Rudi Salam, Nani Wijaya, Herry Chan
Trailer Film Mama Cake

Hidup Adalah…
  • Bagi gua hidup itu like a journey. Jadi kaya naik roller coaster, bisa naik, turun, terbalik, tapi pada akhirnya kalau kita pakai seat belt-nya, stay on the right track, we’ll make it to the end. (Boy William – Aktor)
  • Hidup itu adalah… bernafas. (Dinda Kanya Dewi – Aktris)
  • Membidik anak panah, seakurat mungkin, sejauh mungkin, setinggi mungkin. (Fajar Umbara – Aktor/Musisi)
  • Hidup itu adalah keyakinan. (Tyas Mirasih – Aktris)
  • Hidup adalah perjalanan, bukan tujuan. (Arie Dagienkz – Aktor)
  • Kata kuncinya adalah: jalanin. (Ananda Omesh – Aktor)
Sahabat itu…
  • Seumur hidup saya, saya sangat memerlukan sekali seorang sahabat. (Nani Wijaya – Aktris)
  • Yang namanyan sahabat, mereka nggak akan pamrih, dengan tulus dan setia… (Andara Early – Aktris)
  • Bisa berkorban buat dia… (Fajar Umbara – Aktor/Musisi)
  • Tidak saling melemahkan, tapi saling menguatkan! (Didi Petet – Aktor)
  • Sahabat, seperti temen gue nge-band. (Erwin Morron – Aktor/Musisi)
  • Kita hidup ini butuh yang namanya sahabat. (Rudi Salam – Aktor)
  • Kalo menurut gue, sahabat itu kaya keluarga gue. (Boy William – Aktor)
  • Orang yang selalu ada saat kita susah, bukan cuman waktu senang aja. (Renatha Kusmanto – Aktris/Model)
  • Teman sejati yang hanya bisa dibuktikan dengan berjalannya waktu. (Heri Chan – Aktor)
  • Buat gue, sahabat itu nyawa hidup gue. (Tyas Mirasih – Aktris)
  • Dimulai dari persahabatan, pertemanan, mungkin orang menikah itu persahabatan juga kali ya? (Bagus Netral – Aktor/Musisi)
  • Saling melengkapi. (Dinda Kanya Dewi – Aktris)
  • Mungkin juga ada sahabat saya, yang bahkan sudah tidak ada di dunia ini. Tapi buat saya, mereka tetap sahabat saya. (Henidar Amroe – Aktris)
  • Kehebatan dari sahabat itu, begitu dia menyampaikan sesuatu dengan gamblang dan jujur itu kita merasa, merasa tertikam tapi terbuka matanya gitu kan? (Candil – Aktor/Musisi)
  • Sahabat itu orang-orang yang kita rasakan ada saat kita susah, itu baru sahabat. Orang yang berbagi makanannya sama kita. Tentang hidup. Gue kangen sahabat-sahabat gue. (Ananda Omesh – Aktor)
Lirik dan Chord Lagu Iwan Fals – Belum Ada Judul
[intro] G C G C G

G        D/F#      Em
pernah kita sama-sama susah
   C                     D
terperangkap di dingin malam
   G   D/F#        Em
terjerumus dalam lubang jalanan
  C                          D
digilas kaki sang waktu yang sombong
     Em             C    D   G
terjerat mimpi yang indah, lelah...

G        D/F#      Em
pernah kita sama-sama rasakan
  C                        D
panasnya mentari hanguskan hati
G         D/F#      Em
sampai saat kita nyaris tak percaya
   C                       D
bahwa roda nasib memang berputar
    Em            C   D    G
sahabat masih ingatkah, kau...

Am     G       F        Em
sementara hari terus berganti
Am        G         F         Em
engkau pergi dengan dendam membara
     D
di hati...

[int.] G D/F# C
       G B C
       G  D/F# Em C D

G       D/F#     Em
cukup lama aku jalan sendiri
   C                           D
tanpa teman yang sanggup mengerti
G        D/F#       Em
hingga saat kita jumpa hari ini
  C                     D
tajamnya matamu tikam jiwaku
       Em             C  D     G
kau tampar bangkitkan aku, sobat...

[ending] G  D/F# Em C D 2x C G