Anda yang terbiasa menggunakan BlackBerry tentu mengenal Autotext, symbol atau special character. Symbol-symbol ini tentu saja tidak terdapat pada keyboard atau pun keypad. Untuk mengetik symbol anda perlu bantuan aplikasi khusus, add-ons untuk keyboard/ keypad atau bahkan yang lebih sulit, dengan copy-paste. Beberapa orang yang mengaku punya ingatan cukup kuat, malah seringkali menghapal kode-kode khusus yang dikombinasikan dengan tombol ALT pada keyboard untuk memunculkan special character. :capedes

Di browser andalan saya, Google Chrome, tersedia extension yang dapat menangani pekerjaan yang satu ini. Namanya Glyphics. Dengan Glyphics, anda tidak perlu lagi repot-repot untuk mencari kode symbol. Cukup dengan klik kanan pada text area, atau form apa pun dan di mana pun.

Sebenarnya masih banyak extensions lain yang sejenis. Tapi saya lebih memilih Glyphics karena penggunaannya yang mudah. Juga karena Glyphics tidak memberikan symbol atau character bawaan (default). Anda dapat menambahkan symbol yang anda butuhkan saja.

Memasang Glyphics di Google Chrome

Saya ingatkan, tutorial ini hanya untuk Google Chrome. Untuk browser yang lain, silahkan cari ekstension sejenis yang mungkin tersedia.

  1. Download dan Install Glyphics: Klik link ini. Anda akan diantar ke halaman Glyphics di Chrome Web Store. Selanjutnya klik tombol + ADD TO CHROME.
  2. Pada pop up Confirm Installation, klik tombol Install.
  3. Tunggu beberapa saat sampai proses instalasi selesai dan notifikasinya ditampilkan, bahwa Glyphics is now installed.

Sekarang Glyphics telah terpasang di browser Google Chrome. Tapi anda masih harus memasukkan character, symbol atau autotext yang ingin anda gunakan nantinya. Untuk itu anda harus membuka website yang menyediakan text area atau form (tempat di mana anda bisa dan biasanya mengetikkan status, atau text lainnya). Anda bisa menggunakan text area atau form pada website apa pun. Dalam contoh ini saya mencoba text area untuk mengetik status di SB.

  • Klik kanan pada text area tersebut, lalu pilih Glyphics > Options.
  • Pada halaman Glyphic Options, anda bisa mulai menetapkan pengaturan default anda sendiri. Tapi kalau anda belum mempunyai ide, coba ikuti apa yang saya kerjakan pada browser saya ini.

Pertama, coba zoom halaman options tersebut dengan menekan tombol CTRL dan + secara bersamaan sampai anda cukup lega dengan pandangan mata anda. Link/ tombol untuk menambahkan character ini terlalu kecil, menurut saya. Entah apa maksud tersembunyi dari si developer. Tapi kelihatannya ini akan cukup merepotkan buat anda yang memang menderita penyakit mata rabun. :Yb

Ada 3 tombol yang dapat anda gunakan untuk pengaturan Glyphics: tombol +c, +s, dan +|.

  1. Klik tombol +| untuk menambahkan sublevel (kategori). Misalnya, saya ingin menambahkan kategori tulisan Arab. Ketik nama kategorinya, lalu klik tombol OK.
  2. Di bawah sublevel Arabic, anda bisa memasukkan character atau autotext yang anda inginkan dengan mengklik tombol +c. Ketik atau copy-paste text-nya, lalu klik tombol OK.
  3. Selanjutnya saya akan menambahkan sublevel baru, untuk kategori symbol. Agar tidak repot, saya menggunakan tombol +s (string) untuk memasukkan symbol dan character pada sublevel yang baru ini. Dengan tombol +s (string) ini, anda bisa memasukkan banyak karakter atau symbol sekaligus tanpa harus mengetikkannya satu persatu.

Setelah meng-copy-paste-kan string yang anda butuhkan, klik tombol OK. Pada kotak dialog delimiter (pembatas) yang muncul, abaikan saja dengan mengklik tombol OK.

Sampai di sini mudah-mudahan anda sudah bisa berkreasi sendiri. Mungkin dengan menambahkan sublevel atau kategori autotext Black Berry Messenger nan populer itu, smilies, atau symbol-symbol dan character lainnya. Yo man, it’s all up to you, man…. :cool: Oya, untuk sumber autotext, character atau symbol, silahkan anda cari sendiri. Anda butuh kelincahan tangan dan ketajaman mata untuk meng-copy status teman anda di jejaring sosial.

Menggunakan Glyphics Pada Textarea dan Form Website

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, penggunaan Glyphics sangat mudah dan sederhana. Hanya dengan klik kanan pada text area atau form di mana anda ingin mengetikkan symbol tersebut. Misalnya pada textarea status di FB, Twitter, SB, bahkan blog dan email. Intinya, di mana anda bisa mengetik, di situ anda bisa memasukkan character yang tersedia di Glyphics.

Ok temans, اَلْحَمْدُلِلّهِ Ɣªªªª. Tutorialnya sudah selesai. :malus Selamat bersenang-senang dengan Glyphics, dan selamat…. apa Ɣªªªª? (⌣́_⌣̀) :bingung: