Anda kenal yang namanya spammer? Spammer adalah orang yang mengirimkan spam. Nah, spam sendiri bisa berarti email-email sampah yang dikirimkan kepada seseorang. Gampangnya, spammer adalah orang yang sangat merugikan karena kerjaannya cuma mengotori inbox orang lain dengan sampah. Spammer biasanya memanfaatkan email orang lain yang Anda kenal sehingga Anda akan berpikir bahwa email itu memang untuk Anda. Setelah dibuka ternyata isinya adalah promosi, iklan yang disertai link ke sebuah situs atau bahkan virus dalam bentuk attachment.

Kalau Anda pernah membuka email seperti ini atau malah nekat meresponnya (reply, klik link, dll) maka bisa dipastikan Anda akan menerima lebih banyak lagi email sejenis. Menjengkelkan, bukan? Tapi jangan marah dulu, karena sedikit-banyak Anda berperan dalam menyebarkan spam.

Ketika Anda merespon email sampah seperti ini, maka spammer akan memastikan bahwa email Anda valid dan bisa di-“gunakan” — dimanfaatkan oleh si spammer tadi. Yang lebih menakutkan, address book Anda — daftar nama dan alamat email teman-teman Anda — akan dibobol oleh spammer dan kemudian secara otomatis mengirimkan email sampah yang lain kepada setiap alamat email yang ada di dalam address book Anda tadi (biasanya email sampah ini dikirimkan atas nama Anda).

Jadi gimana dong? Kita kan nggak tahu email itu spam apa bukan, kecuali harus dibaca dulu. Ya, dalam hal ini saya nggak bisa ngasih komentar lagi. Tapi selama ini saya pakai “feeling” saja. Lagian, kebanyakan spammer adalah orang luar dan rata-rata subjek emailnya berbahasa Inggris. Gampang kan?

Kemaren pas buka email ada satu di antara puluhan spam, yang cukup menarik hati. Subjeknya : Happy Birthday, sender-nya : mbox inter. Saya nggak heran kalo’ itu memang ulah spammer. Jangankan data kelahiran, data ‘keuangan’ saja bisa mereka embat. Tapi nggak seperti biasa — maen hapus aja — kali ini saya bener-bener tertarik untuk membaca email yang saya duga spam ini. Mungkin karena dia satu-satunya yang pakai subjek Happy Birthday di saat yang pas. Pikir-pikir, kalaupun memang ini spam, paling tidak dia sudah cukup baik hati mengucapkan Happy B’day 2 me. Ketimbang email non spam tapi basi!

Nah, pas saya klik linknya, SURPRISE!!! Ternyata itu emang bener-bener ucapan selamat ultah dari inter.it, situs resmi FC Internazionale Milan! Duh, kayaknya ada yang tersentuh deh di dalam ‘sini’ (mana???). Iya, walaupun email itu dikirim oleh ROBOT, setidaknya lebih menyentuh ketimbang nggak dikirimin sama sekali. Apalagi sebelumnya saya sudah nyangka yang enggak-enggak. :D

Antarnisti 24

Antarnisti 24