Sebuah eksperimen menarik dilakukan oleh pengembang browser Google Chrome. Adalah situs web Google Gravity, yang dikembangkan oleh tim Google. Ketika anda melakukan pencarian, maka secara serentak semua item dan elemen pada halaman tersebut akan berjatuhan dan gugur ke bawah layaknya terkena efek gravitasi bumi.

Bagaimana cara menikmati permainan ini?

Buka browser Google Chrome anda, lalu ketik http://www.google.com pada address bar. Anda akan diarahkan ke halaman pencarian Google. Nah pada kolom kata kunci, ketikkan “google gravity” (tanpa tanda kutip) kemudian klik tombol “I’m Feeling Lucky“. Atau kalau anda terlalu malas untuk mengetik, silahkan langsung klik link ini: Google Gravity.

Sekarang anda bisa melihat kolom pencarian, logo Google, link dan element-element lainnya berjatuhan, bukan? :ngakaks

Sebenarnya tidak ada yang berguna dari eksperimen ini, selain untuk bersenang-senang dengan kode pemrograman. Tapi bagi saya cukup menarik melihat perkembangan browser dan programming yang semakin canggih.

Oh ya, “permainan” ini hanya bisa dilakukan dengan browser Google Chrome. Bagi anda yang menggunakan browser selain Google Chrome, dan tetap ingin “menyaksikan pertunjukan” ini, anda harus menginstall Google Chrome terlebih dahulu. Silahkan download Google Chrome di sini: Google Chrome Installer.