Hari gini siapa sih yang nggak tahu yahoo messenger. Di sini saya punya cara jail, kita bisa pura-pura sebagai temen kita, caranya sangat-sangat mudah, kita ga usah nge-hack, atau mencuri password orang.

Kita bisa mempunyai beberapa profile/id, cara buat profile baru: how do i create a new profile?,. Nah caranya misal id temen kita ridwan_susanto kita buat saja profile baru sebut saja ridwan_s atau yang deket-deket lah.

Kalo udah buat, sign-out dari ym, dan sign in lagi. Yakinkan temen kita yang disamarin tidak online. Kemudian kirim message ke korban dengan menggunakan profile baru ini, ingat chat-nya jangan dimulai dengan sapaan hi, hai, hallo, atau kenalan dong. Sapa langsung temen kita dengan nama pendeknya, itu menunjukan bahwa kita adalah orang yang kita pura-purain tadi.

Gw dah coba dengan metode ini, dari 3 orang korban (kebetulan yang online cm 3 orang): 2 orang langsung merespon, 1 konfirmasi: dia nanya apakah ini profile-baru, tapi tetep percaya. So dengan cara tersebut di atas sangat mudah untuk menyamar jadi orang lain.

Nah sekarang gimana cara menanggulangi kalo kita korbannya, beberapa tips-nya:

1. Selalu ngasih nick di contact detail buat id temen-temen kita, jadi jika ada orang yang berpura-pura seperti cara di atas bisa langsung keliatan dari nick-nya.
2. Selalu konfirmasikan kalau teman kita menggunakan id-baru, dengan menghubungi id yang lama, atau lewat media laen seperti telpon, sms.
3. Buatlah nick yang mudah dibaca, jangan terlalu panjang. Makin panjang maka makin mudah mengelabuinya.
4. Atau kalau memang kamu hanya mau menerima message dari orang terpercaya, pilih option ignore anyone whos not on my messenger list, tapi akibatnya kamu nggak bisa nerima message yang mau kenalan, seperti: “hai boleh kenalan ga?”

So karena cara di atas sangat-sangat bisa berbahaya, maka waspadalah, waspadalah, kejahatan bukan karena ada niat, tapi ada yahoo messenger (nah loh). :D