Mungkin anda yang sudah terbiasa menggunakan interface manajemen database seperti PHPMyAdmin, menganggap bahwa itu adalah cara termudah dan terbaik dalam mengelola data si lumba-lumba. Saya sepakat. PHPMyAdmin sangat mudah digunakan, bahkan oleh newbie seperti saya. Tapi dalam beberapa kasus, saya merasakan kelemahan dari tool yang satu ini.

Misalnya ketika harus bekerja dengan database yang besar, yang size-nya mencapai puluhan MBytes. Seringkali saya harus berhadapan dengan pesan error seperti time out, fatal error: maximum time execution, bla bla bla… Ditambah lagi dengan kondisi koneksi internet yang pas-pasan. Nah pada kondisi seperti itulah, terasa betapa berharganya akses ssh yang diberikan pihak hosting. Pasalnya, memanfaatkan ssh saya bisa mengerjakan proses backup dan restore database dengan lebih bermartabat mudah.

Ok, ini langkah-langkah yang saya lakukan setelah memastikan bahwa saya diberi akses penuh ke shell server hosting.

  1. Download Putty untuk Windows di sini (maklum saya bisanya cuma Windows).
  2. Jalankan Putty dan mulai session login ke ssh server.
  3. Setelah berada di direktori home, saya biasanya langsung menuju ke direktori www (public_html) agar akses file hasil backup dan restore lebih mudah. Buat yang belum sempat baca-baca command *nix untuk change directory, silahkan lihat-lihat dulu artikel Command Shell Unix yang Wajib Dikuasai oleh Blogger di sini.

Proses Backup dan Restore Database MySQL

Asumsi:

  • User MySQL: root
  • Password MySQL: gayus
  • Database Name: tambunan
  • Host: localhost

Maka untuk melakukan backup database tambunan, silahkan ketik command berikut ini:

mysqldump -uroot -pgayus tambunan > tambunan.bak.sql

Command di atas akan mem-backup database tambunan dan menyimpannya sebagai file tambunan.bak.sql. Sedangkan untuk meng-import atau merestore database, ketik command:

mysql -uroot -pgayus -hlocalhost tambunan < tambunan.bak.sql

Command di atas akan me-restore file tambunan.bak.sql ke database tambunan di server anda.

Sebagai tambahan, jika anda ingin menghapus database, ketik command ini:

mysql drop tambunan

Maka database tambunan akan dihapus.